Kumpulan Metode Pembelajaran

Kumpulan Metode Pembelajaran

Hello! Myspace Comments

Transformasi dunia karena revolusi teknologi telekomunikasi dan komputer menjadi agenda utama perubahan dunia saat ini. Dunia tidak lagi dapat dipandang sebagai benua-benua yang terpisah atau kumpulan negara-negara yang terpisah, melainkan dunia menjadi syaraf global telekomunikasi dan komputer. Kepesatan perkembangan teknologi telekomunikasi dan komputer telah mengantarkan  masyarakat memasuki era global.

Globalisasi ditandai oleh kompleksitas keragaman kehidupan masyarakat. Model kehidupan seperti ini tak dapat lagi direduksi ke dalam model-model normatif yang standar dan tak banyak lagi pengaturan sentral. Aktivitas hidup lebih banyak bermula dan berlangsung pada interaksi-interaksi antar individu yang diprakarsai individu itu sendiri. Society is produced and reproduced by the interacting individuals.

Setiap individu di era global dituntut mengembangkan kapasitasnya secara optimal, kreatif dan mengadaptasikan diri ke dalam situasi global yang amat bervariasi dan cepat berubah. Setiap individu dituntut melakukancustomization. Setiap individu dituntut memiliki daya nalar kreatif dan kepribadian yang tidak simpel, melainkan kompleks. Sekompleks situasi-situasi yang penuh varian yang dihadapi. Individu harus memiliki strategi adaptif. Untuk itu keterampilan yang harus dimiliki individu adalah keterampilan intelektual, sosial, dan personal.

Pendidikan sebagai bagian integral kehidupan masyarakat di era global  harus dapat memberi dan memfasilitasi bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan intelektual, sosial, dan personal. Pendidikan harus menumbuhkan berbagai kompetensi peserta didik. Keterampilan intelektual, sosial, dan personal dibangun tidak hanya dengan landasan rasio dan logika saja, tetapi juga inspirasi, kreativitas, moral, intuisi (emosi) dan spiritual. Sekolah sebagai institusi pendidikan dan miniatur masyarakat perlu mengembangkan pembelajaran sesuai tuntutan kebutuhan era global.  Salah satu upaya yang dapat dikembangkan oleh sekolah adalah pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM)

Pondasi kritis dan rasional PAIKEM adalah filsafat konstruktivisme. Berdasarkan konstruktivisme pembelajaran ini merupakan proses konstruksi pengetahuan, bukan duplikasi pengetahuan. Pengetahuan dikonstruksi pada latar kenyataannya, bukan seharusnya. Pengetahuan yang dipelajari disetting berdasarkan autentisitasnya, bukan artifisialnya. PAIKEM sebagai proseslearning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together mendorong  terciptanya kebermaknaan belajar bagi peserta didik.

Apa, mengapa, dan bagaimana PAIKEM merupakan rumusan-rumusan yang harus dijawab guru. Jawaban tersebut merupakan pengetahuan deklaratif, struktural, dan prosedural. Aspek pengetahuan-pengetahuan terebut penting sebagai landasan bagi guru maupun calon guru berpikir logis dan bertindak profesional atas profesinya.

Bertolok pada kebutuhan pendidikan di era global dan tuntutan profesionalisme kependidikan, buku bertajuk PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan):  Teori dan Aplikasi dihadirkan. Besar harapan semoga buku ini menjadi referensi bagi guru khususnya dan insan-insan yang mempunyai atensi di bidang pendidikan  pada umumnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa di negeri ini.

Silahkan Download Bukunya di sini :

http://www.ziddu.com/download/13820464/KumpulanMetodePembelajaran-PAIKEMTEORIDANAPLIKASI.pdf.html

Tentang bamboszone

Blog Pendidikan, Pelatihan dan Bimbingan Belajar
Pos ini dipublikasikan di BERANDA, DOWNLOAD, GURU. Tandai permalink.

2 Balasan ke Kumpulan Metode Pembelajaran

  1. history22education berkata:

    wah tulisan saya mampir disini….
    makasih pak
    salam kenal dari Blog History Education

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s