Penanaman Mangrove di Bedul oleh IFSA

Diposkan oleh Muhamad Ali Saifudin di 14.51 . Senin, 10 Agustus 2009

Label: , , , ,

Reboisasi Ekowisata Bedul Hutan Mangrove

Purwoharjo – Pada pelaksanaan Perkemahan IFSA (International Forestry Students Association), Perkumpulan Mahasiswa Jurusan Kehutanan Internasional pada tanggal 6 s/d 9 Agustus 2009,

Balai Taman Nasional Alas Purwo bekerja sama dengan para Mahasiswa IFSA dari 90 Negara yang berjumlah 123 orang melakukan Penanaman Kembali (Reboisasi) Kawasan Mangrove yang ada di Kawasan Blok Bedul yang ada di bawah naungan Sub Seksi Pos Bedul, Taman Nasional Alas Purwo.Para Mahasiswa IFSA berangkat dari Guest House di Penginapan Trianggulasi pukul 08.00 WIB dengan mengendarai 5 truk yang disediakan oleh Balai Taman Nasional Alas Purwo. Mereka tiba sekitar pukul 09.00 WIB di Pos Bedul. Para Mahasiswa IFSA disambut oleh Kepala Sub Seksi Pos Bedul, Bapak Untung, Bapak Marni serta para pegawai yang ada di Pos Bedul.

Selang sesaat Para Mahasiswa IFSA, Panitia IFSA dari Balai Taman Nasional Alas Purwo, serta Para Sukarelawan dari SMKN Darul Ulum Muncar serta beberapa sekolah dari Banyuwangi langsung menuju ke Dermaga Pos Bedul menaiki Perahu Gondang Gandung untuk menyeberang ke tempat yang akan direboisasi oleh peserta IFSA.

Sesampainya di Wisata Bedul, Para Mahasiswa IFSA, Panitia dari Balai Taman Nasional Alas Purwo, serta Para Sukarelawan dari SMKNDU Muncar serta sekolah lain langsung berbaur untuk mengambil bibit Mangrove yang sudah disediakan oleh Balai Taman Nasional Alas Purwo untuk ditaman di beberapa tempat di kanan dan kiri Hutan Mangrove Bedul yang masih “bolong”. Para Mahasiswa IFSA begitu antusias bergotong royong, mengular, bahu membahu untuk menanam Bibit Mangrove di tempat-tempat yang masih belum ada Tanaman Mangrovenya.

Hutan Mangrove Wisata Bedul berada di Blok Solo Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Hutan Mangrove Wisata Bedul rencananya akan dikembangkan menjadi objek Wisata Andalan di Wilayah Banyuwangi. Ada bocoran dari bapak Untung Kepala Sub Seksi Pos Bedul, “Hutan Mangrove Bedul akan dikembangkan dengan kerjasama dari semua pihak diantaranya dari Pemdes Sumberasri, Perhutani Banyuwangi dan Balai Taman Nasional Alas Purwo serta dari JICA (Japan International Corporation Agency)”.

Sebagai langkah awal dikembangkannya Blok Wisata Mangrove Bedul saat ini Balai Taman Nasional dan Pemerintah Desa Sumberasri sudah mencicil membangun fasilitas untuk memudahkan para Pelancong, Wisatawan dan Pengunjung berwisata di Blok Bedul Alas Purwo.

Foto-Foto Wisata Bedul by http://fotoalisaifudin.blogspot.com
Artikel Wisata Bedul by http://muhamadalisaifudin.blogspot.com

Tentang bamboszone

Blog Pendidikan, Pelatihan dan Bimbingan Belajar
Pos ini dipublikasikan di BERANDA, WISATA LARE OSING. Tandai permalink.

2 Balasan ke Penanaman Mangrove di Bedul oleh IFSA

  1. pratiwi rahayu berkata:

    taman wisata bedul merupakan aset pemkab bwi, mhon kpd bupati bwi untuk mendanai agar taman wisata bdul dpt menarik wisata manca neg shg dpt enambah devisa neg. trims

  2. pratiwi rahayu berkata:

    pd akhir tahun ajaran pasti banyak sekolah2 mulai dari TK hingga SMU yg meencanakan rekreasi namun sering kami sbg guru sd sulit utk mengetahui tempat wisata di bwi utk itu mohon kpd dinas pariwisata pemkab bwi utk menbat selebaran dg kertas berwarna yg kemudian di sebarkan ke sekolah2 atau minimalnya ke kantor uptd atau kantor kecamatan2. trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s