Rangkuman Materi PGSD PJJ ICT : BAHASA INDONEISA

KONSEP-KONSEP DASAR KEBAHASAAN INDONESIA

1.1 Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia

1.1.1 Konsep Dasar Kedudukan Bahasa Indonesia

Fungsi Bahasa adalah sebagai wahana komunikasi bagi manusia, baik komunikasi lisan maupun komunikasi tulis. Fungsi ini adalah fungsi dasar bahasa yang belum dikaitkan dengan status dan nilai-nilai sosial. Dalam kenyataan sehari-hari, bahasa tidak dapat dilepaskan dari kegiatan hidup masyarakat, yang didalamnya sebenarnya terdapat status dan nilai-nilai sosial. Bahasa selalu mengikuti dan mewarnai kehidupan menusia sehari-hari, baik manusia sebagai anggota suku maupun bangsa.

Kedudukan dan fungsi bahasa yang diberikan oleh pemakainay ( baca : masyarakat ) perlu dirumuskan secara eksplisit. Sebab kejelasan “LABEL” yang diberikanakan mempengaruhi masa depan bahasa tersebut. Pemakaian akan memperlakukannya sesuai dengan “label” yang dikenakan padanya.

Di pihak lain, bagi masyarakat yang dwi bahasa, akan dapat “memilah-milahkan sikap dan pemakaian kedua bahasa atau lebih yang digunakannya. Mereka akan terkendali akan pemakaian secara sembarangan. Mereka bisa mengetahui kapan dan dalam situasiapa bahasa yang lainnya dipakai. Dengan demikian, perkemangan akan berusaha mempertahankan kedudukan dan fungsi bahasa yang telah disepakatinya dengan, antara lain, menyeleksi unsur-unsur lain yang mempengaruhi layak diterima, dan kapan seharusnya ditolak. Semua itu dituangkan dalam bentuk kebijaksanaan pemerintah yang bersangkutan. Di. negara kita hal itu disebut POLITIK BAHASA NASIONAL, dan ketentuan-ketentuan yang dapat dipakai sebagai dasar bagi pemecahan keseluruhan masalah bahasa.

Iklan

Tentang bamboszone

Blog Pendidikan, Pelatihan dan Bimbingan Belajar
Pos ini dipublikasikan di BAHASA INDONESIA, BERANDA. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Rangkuman Materi PGSD PJJ ICT : BAHASA INDONEISA

  1. Sri suwarti berkata:

    Apakah ragam bahasa semi formal itu?dan berikan contohny?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s