PENETAPAN KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan
bulat dengan rentang 0 – 100
Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah
100
Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah
nilai ketuntasan belajar maksimal
Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS
Kompleksitas (Kesulitan & Kerumitan)
•Daya dukung
•Intake siswa
A. Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :
1. Kompleksitas :
– Tinggi = 1
– Sedang = 2
– Rendah = 3
2. Daya dukung :
– Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1
3. Intake
:
– Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1
Jika indikator memiliki Kriteria :
kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa sedang nilainya adalah:
(3 + 3 + 2) x 100 = 88.89
9
B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria:
1.Kompleksitas :
– Tinggi = 50-64
– Sedang = 65-80
– Rendah = 81-100
2.Daya dukung :
– Tinggi = 81-100 – Sedang = 65-80 – Rendah = 50-64
3. Intake
:
– Tinggi = 81-100 – Sedang = 65-80 – Rendah = 50-64
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung
tinggi dan intake sedang nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari
kriteria yang kita tentukan.
Dalam menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap
kriteria perlu kesepakatan dalam forum MGMP di Sekolah.
C. Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada
setiap kriteria untuk menetapkan nilai :
1. Kompleksitas: – Tinggi
– Sedang
– Rendah
2. Daya dukung: – Tinggi
– Sedang
– Rendah
3. Intake
: – Tinggi
– Sedang
– Rendah
Contoh :
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya
Dukung tinggi dan intake siswa sedang maka dapat dikatakan
hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai
ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat
mengurangi nilai menjadi antara 90 – 80.
TINGKAT KOMPLEKSITAS
(Kesulitan & Kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai
oleh siswa.
Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya
menuntut :
•SDM
memahami Kompetensi yang harus dicapai Siswa
kreatif dan inovatif dalam melaksanakan
pembelajaran.
•WAKTU
cukup lama karena perlu pengulangan
• PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi.
KEMAMPUAN SUMBERDAYA
PENDUKUNG:
yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangatdibutuhkan, BOP, manajemen sekolah,kepedulian stakeholders sekolah.
Sumber : Departemen Pendidikan Nasioanl – http://www.scribd.com/doc/
Contoh KKM ( Kriteria Ketuntasan Materi ) :
- COVER KKM KELAS SATU – download disini
- KKM KELAS SATU SEMESTER SATU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN – download disini
- COVER KKM KELAS TIGA – download disini
- KKM KELAS TIGA SEMESTER SATU BAHASA INDONESIA – download disini
- COVER KKM KELAS LIMA – download disini
- KKM KELAS LIMA SEMESTER SATU MATEMATIKA – download disini