KKM (Kriteria Ketuntasan Materi)

PENETAPAN KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan

bulat dengan rentang 0 – 100

Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah

100

Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah

nilai ketuntasan belajar maksimal

Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS

Kompleksitas (Kesulitan & Kerumitan)
•Daya dukung
•Intake siswa

A. Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :

1. Kompleksitas :

- Tinggi = 1
– Sedang = 2
– Rendah = 3

2. Daya dukung :

- Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1

3. Intake

:

- Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1

Jika indikator memiliki Kriteria :

kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa sedang nilainya adalah:

(3 + 3 + 2) x 100 = 88.89

9

B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria:

1.Kompleksitas :

- Tinggi = 50-64
– Sedang = 65-80
– Rendah = 81-100

2.Daya dukung :

- Tinggi = 81-100 – Sedang = 65-80 – Rendah = 50-64

3. Intake

:

- Tinggi = 81-100 – Sedang = 65-80 – Rendah = 50-64

Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung

tinggi dan intake sedang nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari

kriteria yang kita tentukan.

Dalam menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap

kriteria perlu kesepakatan dalam forum MGMP di Sekolah.

C. Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada

setiap kriteria untuk menetapkan nilai :

1. Kompleksitas: – Tinggi

- Sedang

- Rendah

2. Daya dukung: – Tinggi

- Sedang

- Rendah

3. Intake

: – Tinggi

- Sedang

- Rendah

Contoh :

Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya
Dukung tinggi dan intake siswa sedang maka dapat dikatakan
hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai
ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat
mengurangi nilai menjadi antara 90 – 80.

TINGKAT KOMPLEKSITAS

(Kesulitan & Kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai

oleh siswa.

Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya

menuntut :

•SDM

memahami Kompetensi yang harus dicapai Siswa

kreatif dan inovatif dalam melaksanakan

pembelajaran.

•WAKTU

cukup lama karena perlu pengulangan

• PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi.

KEMAMPUAN SUMBERDAYA

PENDUKUNG:

yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangatdibutuhkan, BOP, manajemen sekolah,kepedulian stakeholders sekolah.

Sumber : Departemen Pendidikan Nasioanl – http://www.scribd.com/doc/

Contoh KKM ( Kriteria Ketuntasan Materi ) :

  1. COVER KKM KELAS SATU – download disini
  2. KKM KELAS SATU SEMESTER SATU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN  – download disini
  3. COVER KKM KELAS TIGA  – download disini
  4. KKM KELAS TIGA SEMESTER SATU BAHASA INDONESIA  – download disini
  5. COVER KKM KELAS LIMA  – download disini
  6. KKM KELAS LIMA SEMESTER SATU MATEMATIKA  – download disini

Yang membutuhkan KKM ( Kriteria Ketuntasan Materi )  lengkap dapat menghubungi :

Mr. BAMBOS Computer – klik disini

via email : mr. bamboss@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s